Selasa, 17 November 2009

Pewaris Budaya Bangsa


Berbanggalah menjadi bangsa Indonesias yang memiliki kekaayaan alam dan budaya.Tetapi jangan hanya cukup dengan rasa bangga itu saja tanpa diikuti untuk turut menjaga existensi kekayaan alam dan budaya tersebut. Sebagai bangsa yang cukup besar kita tak akan mau bila icon budaya diambil alih oleh pihak lain. Semangat  mempertahankan dan reaksi untuk  mengklaim ulang milik kita sendiri mulai sambung menyambung menjadi satu terdengar di nusantara.
Tapi upaya apa yang telah kita lakukan terhadap kekayaan budaya yang lainnya. Apakah hanya dipertontonkan ke orang asing saja ? Apa sudah cukup dibuatkan tempat-tempat promosi pariwisata budaya bagi budaya tradisional/asli bangsa?
Sedangkan manfaat bagi kita sendiri sebagai pewaris hak budaya tersebut apa ?
Apakah hanya berpangku tangan menyaksikan dan mentertawakan keanekaragaman budaya tersebut ? Ataukah hanya cukup membanggakan diri dalam kegiatan-kegiatan di bidang akademis sebagai ucapan lesan saja. Ataukah harus perlu adanya usaha atau gerakan untuk kebanggan itu sendiri. Lalu, bentuknya yang bagaimana sesuai dengan versi kita sebagai "pewaris budaya bangsa" tersebut ?
Itu yang harus kita pikirkan bersama-sama. Okey !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar